Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Blog Pribadi (Yang Menarik & Menghasilkan Uang)

Mungkin Anda telah banyak mendengar ada orang yang pekerjaannya hanya menulis cerita di blog gratis dan menghasilkan uang. Anda pasti akan bertanya-tanya Apa benar menulis di blog bisa memberikan penghasilan? Orang-orang ini bukan membual di tulisan mereka? Bagaimana cara mereka membuat blog pribadi yang menghasilkan uang?

Saya coba beri contoh blog pribadi yang sudah memberikan penghasilan kepada pemiliknya. Contoh pertama mungkin pengembang tema linkmagz yang saat ini saya gunakan. Nama pengembang tema linkmagz ini Sugeng Riyadi. Di kalangan blogger beliau dipanggil Mas Sugeng. Saat ini beliau mendapatkan penghasilan melalui dua cara: pertama membuat tema untuk blog yang menggunakan platform blogger (baca:jual template web) dan yang kedua bekerjasama dengan blogger lain untuk menayangkan iklan Adsense atau yang disebut dengan JV Adsense.

Mas Sugeng sudah mulai ngeblog dan mendesain tema blogger dari tahun 2000an, sebelum gawai pintar banyak digunakan orang. Beliau awal ngeblog menggunakan hp nokia jadul dengan OS Symbian. Karena internet tidak sebagus sekarang, Mas Sugeng harus ke warnet untuk memastikan koding yang digunakan pada blognya sudah seperti yang ia inginkan. Pengalaman beliau mendesain yang beralamatkan di sugeng.id, kita bisa mendapatkan banyak panduan menggunakan blogger sebagai platform. Jika anda memiliki permasalahan penggunaan blogger atau blogspot.com, kemungkinan solusinya sudah disediakan disana.

Blog pribadi kedua yang saya tahu sudah mulai memberikan penghasilan bagi pemiliknya beralamatkan di bangizaltoy.com. Anda akan menemukan banyak kisah mengenai memulai bisnis dari awal hingga tips dan trik untuk berjualan. Terlebih jika Anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis mainan, bang izal akan memberikan penjelasan rinci dari toko yang menyediakan produk mainan termurah hingga cara menjual mainan baik secara luring maupun secara daring. Penghasilan blog bangizaltoy.com berasal dari penayangan iklan adsense, iklan langsung berupa content placement dan juga penjualan produk mainan.

Blogspot adsense mungkin tidak bisa dipisahkan.

Itu baru blogger Indonesia yang saya ketahui. Masih banyak lagi teman-teman saya yang sudah merasakan "gajian" baik sebagai penayang iklan maupun menjual produk atau jasa langsung melalui postingan di blog mereka.

Anda pun BISA seperti mereka.

Kenapa harus membuat blog di blogger.com? Padahal di facebook maupun di instagram kita pun bisa berbagi?

Baik blogger maupun fb atau IG bisa digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya. Itu alasan utamanya. Untuk menggunakan blogger.com kita hanya butuh akun email yang memiliki alamat gmail.com. Tidak hanya blogger tetapi hampir seluruh produk yang dimiliki Google bisa kita gunakan dengan alamat gmail tersebut.

Facebook dan Instagram tidak seeksklusif blogger. Kita bisa mendaftar dan memiliki akun di situs media sosial tersebut dengan email apa saja yang kita miliki. Bahkan baik di FB maupun IG kita bisa membuat blog pribadi. Hanya saja ...

Masalahnya baik fb maupun IG tingkat sensitifitasnya tinggi. Ada pedoman komunitas yang harus Anda ikuti dengan ketat. Contohnya Anda tidak boleh membuat tulisan yang mengecilkan kaum LaGiBeTe. Jika anda membuat tulisan yang membuat tersinggung kaum tadi, postingan Anda bakal dihapus. Jika FB atau IG lagi sensitif, akun anda akan di-suspend sementara waktu. Anda tidak bisa menulis apapun di akun media sosial yang anda pikir andalah pemiliknya. Tahap terakhir, anda akan diusir dari fb atau IG jika tetap melanggar kebijakan dari kedua situs media sosial tersebut.

Belum lagi perjuangan Anda agar tulisan yang telah anda bagikan harus melewati algoritma yang entah bagaimana aturannya sehingga bisa dibaca tidak hanya kawan-kawan anda langsung tetapi juga di jejaring pertemanan mereka.

Blogger, dilain pihak, tidak seketat facebook maupun instagram. Tapi bukan berarti kita akan lebih mudah untuk mendapatkan pengunjung. Hanya saja Google lebih membantu karena mereka memberikan informasi bagaimana situs personal kita bisa ditemukan orang melalui Google Search. Ini dikenal dengan SEO atau Search Engine Optimization. Kita akan bahas sedikit di tulisan cara buat blog pribadi yang menarik dan menghasilkan uang ini.

Blogger.com sendiri setidaknya masih pilihan yang terbaik untuk yang punya keterbatasan modal. Karena jika memiliki modal lebih sebaiknya Anda membuat blog dengan menggunakan wordpress. Bukan wordpress.com loh ya tetapi aplikasi membuat website yang bernama wordpress. Istilah yang sering digunakan adalah software content management system.

Mas Sugeng menggunakan CMS wordpress saat bisnis penjualan tema bloggernya sudah mulai memberikan penghasilan yang cukup signifikan. Menurut beliau beda antara menggunakan layanan blogger.com dengan perangkat lunak sistem pengendali konten wordpress adalah kemudahan dalam melayani pembeli produk digitalnya. Dengan beberapa plugin wordpress, penjualan tema blogger premium bisa dilakukan secara otomatis dan menghemat waktu dibanding ketika masih menggunakan platform blogger dimana ia harus melakukan semua proses penjualan secara manual.

Membuat website menggunakan aplikasi wordpress membutuhkan modal minimal:

  • membeli nama domain atau alamat website/blog
  • menyewa hosting

Mungkin kalau tidak dilanda pandemi Covid-19 dan Anda masih bekerja di sebuah perusahaan Anda akan memilih untuk membuat blog pribadi menggunakan aplikasi wordpress. Hanya dengan Rp. 50,000 per bulan atau enam ratus ribu rupiah per tahun Anda bisa mendapatkan domain sekaligus menyewa hosting di Qwords.com.

Tapi jika sekarang tidak memungkinkan untuk mengeluarkan uang sebesar itu, menggunakan layanan Blogger.com merupakan pertimbangan yang lebih baik.

Hanya saja ada fakta yang harus Anda ketahui.

Platform blogger dianggap sebuah platform ngeblog yang paling canggih. Kenyataannya pengembang platform ini hampir tidak memiliki pembaharuan atau bisa dikatakan mandeg. Hal ini membuat orang-orang yang memiliki kemampuan pemograman dan desain web yang lebih baik memilih untuk menggunakan platform blogging terbaru yang bernama Jekyll dibanding Blogger yang kuno.

Meskipun kuno setidaknya dengan menggunakan blogger Anda bisa mengiklankan pengalaman maupun keahlian Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru atau malah membuka bisnis sendiri. Nah bagaimana cara buat blog pribadi di Blogger.com silahkan ikut langkah-langkahnya:

Ikuti 7 langkah mudah membuat blog di blogger.com

Dari langkah-langkah membuat blog baru di Blogger.com diatas kemungkinan besar Anda akan membutuhkan waktu dalam memilih URL atau alamat blog. Ini bisa terjadi karena alamat blog yang Anda inginkan sudah didaftarkan oleh pengguna blogger lain. Jika hal ini terjadi kita harus memilih atau menggunakan alamat lain yang tersedia di blogspot.

Oleh karena itu persiapkan paling tidak 10 ide URL blogspot atau alamat blog yang bisa Anda dapatkan. Berikut tips membuat alamat blog yang bisa Anda praktekkan.

  1. Sesuaikan dengan topik yang akan Anda bahas.

    Jika Anda ingin menjual sebuah produk kesehatan seperti susu kambing etawa, maka akan lebih baik jika anda mencoba mendaftarkan alamat blog susukambingetawa.blogspot.com, atau kalau Anda punya keahlian untuk menterjemahkan teks bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia coba ketikkan jasaterjemahaninggrisindonesia.blogspot.com.

  2. Gunakan lokasi Anda saat ini.

    Mungkin banyak orang yang menjual produk yang sama, untuk membuat blog Anda lebih unik tambahkan area pemasaran produk susu kambing Anda. Contohnya jika Anda berada di Jakarta Timur maka daftarkan alamat blog jualsusukambingetawajaktim.blogspot.com. Kalau untuk jasa desain grafis di Bukit Tinggi misalnya, daftarkan jasadesainbukittinggi.blogspot.com.

  3. Buat Unik dan Hindari Merek Terdaftar Hak Cipta

    Anda perhatikan google, yahoo, facebook, detik, kompas dan situs-situs besar lain? Situs-situs tersebut kalau diperhatikan memiliki nama yang simpel. Hanya terdiri dari satu kata. Berbeda dengan alamat blog saya yang terdiri dari tiga suku kata. Belajar, Blogging, Dengan. Saya tidak memiliki banyak ide untuk sebuah alamat blog yang unik karena ini merupakan sebuah proses penciptaan.

    Saya teringat sebuah brand makanan kemasan yang terbuat dari bahan baku pisang. Mereknya Zanana. Cerita penemuan nama Zanana ini cukup unik. Awalnya pemilik brand makanan ini hanya punya satu ide. Karena produknya makanan ringan berbahan dasar pisang, ia menamakannya dengan banana. Tapi nama ini tidak membuat produk itu menjadi unik dan berbeda dibanding produk yang sama. Datanglah ide dari seorang kawannya. Karena nama pemilik produk Gazan, temannya memberi ide nama produk makanan ringan tersebut menjadi Zanana singkatan dari Gazan dan Banana.

Kalau semua ide untuk alamat blog yang Anda miliki sudah dimiliki orang hubungi saya siapa tahu kita bisa menemukan ide URL dan juga saling bekerja sama ke depannya.

Ketika Anda sudah berhasil melewati semua langkah-langkah membuat blog yang diberikan diatas. Apa yang kita lakukan selanjutnya?

Banyak tutorial membuat blog yang menyarankan untuk menulis dan menerbitkan postingan pertama tetapi menurut saya jangan dulu. Ini yang harus anda lakukan ....

Setelah blog baru Anda terdaftar di Blogger langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah mengganti tema bawaan blogger dengan tema blogger premium yang dikembangkan oleh blogger Indonesia seperti Mas Sugeng. Atau mendesain ulang Tema bawaan Blogger tersebut jika memiliki pengetahuan bahasa pemograman web. Apa alasan saya menyarankan Anda untuk mengganti tema bawaan blogger?

Ada beberapa alasan. Pertama tema bawaan blogger pada prinsipnya sudah bagus (mobile friendly) namun di beberapa elemen dari tema bawaan itu, tidak dikembangkan atau seperti dilupakan oleh para pengembang platform blogger. Celah yang disediakan oleh pengembang inilah yang kemudian diambil oleh pengembang, jual template blogger premium, seperti Mas Sugeng.

Alasan kedua, tema bawaan blogger jika diperiksa dengan menggunakan situs GT Metrix maupun Page Speed Insights akan lebih lambat dibandingkan tema blog premium. Ada yang menarik dengan fakta ini. Dalam sebuah artikel dukungan yang dibuat Google disebutkan loading website merupakan faktor penentu seseorang akan berkunjung ke blog kita atau tidak. Di artikel tersebut disebutkan periode pemuatan sebuah laman oleh peramban pengunjung setidaknya harus mencapai waktu maksimal 3 detik. Jika lebih dari itu pengunjung akan segera menekan tombol kembali di browser dan mencari lagi di daftar situs Laman Hasil Penelusuran website mana yang lebih cepat memberikan informasi yang diinginkan.

Posting Komentar untuk "Cara Buat Blog Pribadi (Yang Menarik & Menghasilkan Uang)"