Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email @nama Perusahaan

Pada postingan kali ini saya mencoba untuk berbagi bagaimana cara membuat email @nama perusahaan. Sebagaimana yang saya pelajari dari berbagai newsletter para digital practitioners melalui blog-blog mereka, email dengan menggunakan domain sendiri sangat penting untuk dimiliki. Dengan memiliki domain sendiri maka kepercayaan konsumen akan lebih terjaga pada bisnis kita. Jika kita masih menggunakan email dengan alamat gmail, yahoo, hotmail dan lain-lain kemungkinan besar kita akan kehilangan partner bisnis.

Ini yang saya alami ketika mencoba mendaftar di program partnership Cloudflare. Pada kolom email, sebelum memberikan informasi pribadi, Cloudflare telah memfilter partner mereka dengan alamat email yang digunakan. Pada kasus saya, alamat email yang terdaftar di gmail yang saya coba daftarkan. Hasilnya Cloudflare menolak melanjutkan memberikan form isian sebagai partner. Cloudlare meminta agar saya, pemohon, agar menggunakan email profesional yaitu email yang menggunakan domain sendiri.

Bagi Anda yang masih menggunakan email dari gmail atau yahoo untuk menawarkan layanan atau barang kepada pengunjung sebaiknya mulailah berinvestasi pada sebuah alamat domain.

Membeli domain tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar kecuali jika kita menginginkan domain premium yang telah dimiliki oleh orang lain. Mulai dari 16 ribu rupiah kita sudah bisa memiliki sebuah domain dengan ekstensi .my.id. Coba saja daftar di domainmurah.biz.id ini bisnis saya yang baru semenjak pandemi mulai diseriusi.

Kalau sudah kita sudah punya domain sendiri, silahkan ikuti panduan ini sehingga alamat email Gmail untuk bisnis dengan bisa langsung dimiliki.

Kalau menggunakan email yahoo mas?

Setelah saya cari informasi tentang hal diatas baik dengan mengunjungi web resmi Yahoo ataupun website support pelanggan Yahoo! kesimpulan yang saya ambil sebagai berikut; Untuk menggunakan custom email Yahoo kita harus menggunakan layanan berbayar mereka, Yahoo small business. Jadi pemilik akun email Yahoo mau tidak mau harus membuat akun Gmail untuk melanjutkan panduan buat email perusahaan dengan domain sendiri.

Kenapa kita harus menggunakan email berformat @nama perusahaan?

Email merupakan alat komunikasi yang menggunakan internet tertua. Sebelum adanya website atau aplikasi mobile seperti sekarang, email merupakan alat yang digunakan untuk saling bertukar informasi atau memberikan penawaran kepada para pelanggan. Selama ini banyak diantara pebisnis online yang menggunakan layanan gmail, yahoo, atau hotmail untuk berkirim email kepada pelanggan mereka. Mereka membuat email dengan nama perusahaan sebagai alamat alih-alih nama sendiri atau nama yang disarankan oleh sistem dari penyedia email tersebut.

Pernah tidak membuat email bisnis seperti pencaricerah.com@gmail.com? Pernahkan berada disisi pelanggan dan merasakan tanggapan pertama yang diterima saat menerima penawaran, invoice dan lain sebagainya dari email yang menggunakan gmail tersebut? Siapa tahu penawaran yang pernah kita kirimkan ternyata diragukan oleh calon customer karena takut si pengirim bukan orang yang mereka maksud.

Agar email kita terlihat lebih profesional kita harus menggunakan domain sendiri untuk memberikan kabar kepada para pelanggan yang sudah mendaftar di mailing list yang kita berikan di website. Seperti yang saya sampaikan diatas, untuk menggunakan gmail sebagai email untuk memasarkan layanan atau barang yang kita punya, kita tidak harus membeli layanan google apps. (setidaknya sampai kita benar-benar perlu).

Teman-teman cukup menggunakan email yang sudah di daftarkan di gmail untuk memulainya. Saya tidak tahu dengan teman-teman tapi kalau saya sendiri memiliki beberapa akun di gmail. Jadi pilih dengan bijak email yang akan digunakan untuk email perusahaan di daftar email pribadi teman-teman.

6 Langkah Cara Membuat Email Domain Sendiri Gratis

Langkah #1

Masuk ke cpanel mail hosting.

Ketik cpanel.domainkamu.ext. Lalu isi kotak username dan password yang tersedia. Kalau kamu tidak tahu apa username dan password cpanel kamu, cek kembali email yang pernah dikirim oleh niagahoster.

Langkah #2

Masuk ke Menu Cpanel: Email

Klik email account. Lalu scroll ke bawah hingga menemukan sub menu Email Accounts. Klik tombol Set Up Mail Client.

Lalu scroll ke bawah hingga menemukan Mail Client Manual Settings

Klik set up mail client lalu kopi informasi tersebut.

Username:kandra@pencaricerah.com
Password:Use the email account’s password.
Incoming Server:
IMAP Port:993
POP3 Port: 995
Outgoing Server:
SMTP Port:465
IMAP, POP3, and SMTP require authentication.

Pengaturan email diatas yang kamu dapatkan dari mail hosting niagahoster, silahkan di copas dan letakkan di notepad atau word atau note di komputer teman-teman sendiri.

Langkah #3

Masuk ke akun email google (gmail), kalau teman-teman belum punya akun gmail ikuti cara bikin email google yang diberikan oleh teman saya. Pada akun gmail klik ikon roda gigi yang terdapat di pojok kanan atas, kemudian pilih setting/pengaturan (tergantung bahasa pengantar gmail digunakan).

Cari Tab Akun dan Impor dan tekan menu di tab tersebut.

Pada menu Cek Mail from other accounts (using POP3) atau periksa email dari akun lain masukkan data POP3 port yang terdapat di Mail Client Manual Setting yang sudah dicopas ke komputer tadi.

Pada pop up menu baru masukkan alamat email yang terdapat di Email Accounts

Masukkan settingan email yang sudah didapat di hosting email niagahoster (pada langkah sebelumnya)

Masukkan username, Password email, Incoming server, dan Port yang diberikan sistem.

Centang pilihan yang anda inginkan lalu tekan tombol tambahkan akun. Kalau berhasil maka akan ada informasi email sudah ditambahkan. Jangan tutup dulu pengaturan email dengan domain sendiri di gmail karena langkah tadi baru memberikan akses kepada gmail untuk mengambil email yang masuk ke email hosting di cpanel tadi. Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya cek ya pada pilihan anda ingin mengirim email sebagai kandra@pencaricerah.com.

Langkah #4

Masukkan ke konfigurasi SMTP yang didapat dari email hosting niagahoster diatas (Username username@domainkamu.net, Password (password yang kamu punya), Klik tombol Tambahkan akun.

Agar kita bisa menggunakan gmail sebagai platform email untuk domain sendiri maka sistem gmail perlu memverifikasi domain tersebut.

Langkah #5

Masuk ke mail hosting niagahoster untuk akun email yang didaftarkan dan cari email dari gmail. Nah kalau ga ada pesan masuk, cek inbox email akun gmail yang kita gunakan untuk domain sendiri tadi.

Kasus saya inbox masuk sudah diserap semua oleh gmail. Klik link yang diberikan oleh sistem gmail atau masukkan kode verifikasi. Setelah itu baru teman-teman klik tombol verify.

Setelah teman-teman menekan tombol verify maka teman-teman bisa menggunakan email dengan domain sendiri untuk berkirim email kepada para calon pelanggan. Namun masih dari pengalaman saya, saat membalas email yang sudah masuk ke akun email yang terdapat di cpanel pada kolom pengirim masih berupa alamat gmail. Oleh karena itu lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah #6

Sekali lagi teman-teman masuk ke menu pengaturan gmail / setting. Klik tab akun dan impor ganti alamat email gmail dengan dengan alamat email dengan domain yang didapat dari niagahoster (namakamu@gmail.com menjadi namaanda@namaperusahaan). Set akun-email@domain.net sebagai default.<.p>

Setelah semua langkah dilakukan, jika tidak ada masalah maka anda bisa mendapatkan email perusahaan sendiri yang gratis.

Bagaimana cara login email perusahaan yang dibuat melalui gmail pribadi ini?

Cek email dan berkirim email melalui gmail, bisa anda gunakan seperti biasa. Jadi untuk login ke akun email yang sudah anda custom, entah itu untuk membaca email ataupun mengirimkan email kita tidak menggunakan nama-akun-email@domain.net, tetapi seperti biasa. Masukkan username gmail beserta passwordnya.

Kalau ingin menggunakan login email perusahaan seperti namaakunemail@domain.net Anda harus berlangganan Gsuite terlebih dahulu baru bisa masuk melalui link admin.google.com.

Apakah ini cara membuat email dengan domain sendiri gratis selamanya gan?

Dengan menyesal saya harus menjawab TIDAK. Cara membuat email dengan domain sendiri dig mail tergantung pada mail hosting yang teman-teman dapatkan di niagahoster.

Membuat email domain sendiri tanpa hosting rasanya sangat tidak mungkin. Karena untuk trik membuat email dengan domain sendiri di gmail maupun yahoo domain kita akan menjadi alias dan kita membutuhkan mail server yang dimiliki oleh mail hosting yang disediakan oleh niagahoster. Mungkin saya kurang ilmu tentang membuat email domain sendiri tanpa hosting ini, kalau ada yang tahu bagaimana caranya tolong infoin ke saya.

Sumber:

  • https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-email-dengan-domain-sendiri-di-gmail/

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Email @nama Perusahaan"